Suwar-suwir Jajanan Khas Kota Jember

By | January 28, 2015
Suwar-suwir Jajanan Khas Kota Jember

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas. Nah, di daerah Jember ada makanan Khas yang terbuat dari tape singkong bernama suwar-suwir. Suwar-suwir Jajanan Khas Kota Jember memang sangat enak dibuat camilan. jajanan ini juga cocok untuk teman minum teh ataupun saat santai menonton TV maupun mengobrol dengan teman-teman. Makanan ini tak mengenyangkan sebab besarnya hanya sebesar jempol orang dewasa. Jadi, mungkin Anda bisa menghabiskan puluhan suwar-suwir saat bersantai. Rasa dari penganan ini bervariasi. Ada yang rasa stroberi dan sirsak. Ada juga yang rasa pandan, vanili dan cokelat. Mulanya suwar-suwir hanya ada rasa cokelat dan vanili. Namun sejak tahun 2000-an, jajanan khas Jember ini mulai dikreasikan dengan bermacam-macam rasa buah serta berwarna-warni.

Suwar-suwir itu makanan apa? Pasti pertanyaan itu yang ditanyakan orang
awam yang belum pernah makan penganan khas Jember, Jawa Timur.
Suwar-suwir biasanya menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke
Jember. Konon, Suwar-suwir Jajanan Khas Kota Jember ini telah ada sejak jaman Belanda. Meskipun ukurannya kecil, suwar-suwir masih bertahan hingga sekarang dan bahkan menjadi ikon Oleh-oleh Khas Kota Jember.

Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah.

Kota Jember dinamakan juga kota tape karena semua makanan oleh-olehnya terbuat dari bahan tape singkong. Oleh-oleh lain Kota Jember adalah Prol Tape yaitu sejenis cake rasa tape, Dodol Tape, Tape Ketan , dan ada juga Tape Orisinil yang ditaruh di kemasan besek. Penjual oleh-oleh khas Jember ini terpusat di Jalan Raya Gajahmada. Terdapat sejumlah pilihan toko di sana, Anda bisa memilih yang Anda suka.

Namun jika Anda belum sempat mengunjungi Kota Jember, namun ingin mencicipi Suwar-suwir, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan Resep Suwar-suwir Khas Kota Jember berikut ini.

Seperti apa cara membuat Suwar-suwir?

Bahan yang dibutuhkan :
500 gram tepung ketan
100 gram tape masak
50 gram tepung beras
1 gelas santan kental
300 gram gula pasir
250 gram gula merah
2/3 sendok teh garam
750 ml susu cair

Cara Membuat :
Tepung beras, tepung ketan, tape, dan garam dicampur jadi satu lalu sisihkan.
Gula pasir, gula merah serta susu cair dimasak lalu disaring.
Masukkanlah ke dalam campuran tepung beras, tepung ketan, tape serta garam.
Sesudah tercampur kemudian aduk hingga menyerupai bubur.
Tuangkanlah santan kental sedikit sedikit.
Aduk hingga kental serta mengeluarkan minyak, kemudian angkat.
Selanjutnya cetak ke loyang, dan dinginkan lalu potong-potong.

Dikutip dari berbagai sumber.

Semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih dan salam Happy Blogging..!!

Blogger From Bali & Owner at Nakusan Computer.

Adress: Jl. Tukad Melangit Gg.III/15g Panjer, 80225 Denpasar-Bali.

52 thoughts on “Suwar-suwir Jajanan Khas Kota Jember

  1. Jery Yanuarlan

    waktu tinggal di jember beberapa tahun lalu, ndak pernah makan suwar suwir ini…awalnya saya kira suwar suwir itu nama makanan sejenis olahan daging hehe. Pas pulang ke Sumedang, baru deh beli dua dus, sama prol tape, buat oleh2 juga…rasanya memang makjleb mas ­čÖé ah jadi pengen balik ke jember ­čśÇ

    Reply
  2. PURNAMA

    saya baru dengan nama suwar suwir mas,. belum tahu masakannya kayak apa dan rasanya gimana.pengen coba nih….

    Reply
  3. Asep Haryono

    Jember sudah lama saya kenal lewat berita tentang FASHION ROAD nya yang mendunia. Kini Jember semakin terkenal dengan Kulinernya. Oleh oleh yang oke banged nih kalau saya ada kesempatan Berkunjung ke JEMBER

    Reply
  4. Mbah dinan

    kalau ingat suwir-suwir pernah punya cerita lucu…kepedean buka suwir-suwir sewaktu di jogja akhirnya tuh suwir-suwir jatuh, karena tuh oleh-oleh tinggal satu diambil lagi sambil bilang….sayang…nanti malah gak bisa ngerasain jember….heheheee

    Reply
  5. Kstiawan®

    @Mbah dinanwkwkwk…ternyata punya pengalaman yang mengharuhkan dengan suwar-suwir ya Mbah.

    untung jaduhnya nggak ke lumpur. coba kalau jatuh ke lumpur, nggak bisa ngerasakan suwar-suwir..

    Reply
  6. ADMIN PPI

    kayaknya enak ini mas, rupanya ini makanan khas di jemer yah
    ijin copas resepnya mas untuk dipraktekin
    terima kasih dan semoga sukses selalu

    Reply
  7. Boku no Blog

    Ini nih Bli, kalau pas pulang dari Semarang ke Banyuwangi aku sempatkan beli oleh – oleh suwar suwir dan tape singkong khas Jember..

    Reply
  8. Lynn Munir

    Rasa kepengen ncecipi swar suwir ini, rasanya kayak apa ya
    kalau di Malaysia ? Tapi warnanya cemerlang kayak kek lapis dari Sarawak.

    Reply
  9. Albarnation

    kayanya saya pernah makan yang beginian, tapi apa benar itu suwar suwir saya kurang tau, dilihat dari komposisi dan gambar sih ia hahahhaa

    Reply
  10. De Widiani

    pengen nyicipin… ­čÖé
    ada resepnya juga, kapan-kapan kalau punya tape nya aku praktekin resepnya, mkasiih ­čśÇ

    Reply
  11. Hariyanto Wijoyo

    saya pernah diberi oleho-oleh makanan camilan ini…tapi saat itu saya nggak tahu namanya…teman yang ngasih juga nggak tahu namanya…., ternyata namanya suwar suwir ya…..,tapi kok namannya suwar suwir….apa yang ngasih nama itu dulunya orang Belanda yaaa…
    keep happy blogging always..salam dari Makassar ­čÖé

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *