Tentang Museum Bali

Nakusan Bali
Selain Museum Perjuangan Rakyat Bali yang sering disebut dengan Monumen Bajra Sandhi yang berada di Niti Mandala Renon. Disini terdapat sebuah gedung tua di Bali yang masih utuh hingga sekarang. Letaknya persis di jantung kota Denpasar. Tepatnya di sebelah timur lapangan Puputan Badung, bersebelahan dengan Pura Agung Jagat Natha yaitu Museum Bali. Museum Bali adalah museum yang berada di Denpasar Bali. Museum Bali adalah museum penyimpanan peningggalan masa lampau manusia dan etnografi. Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan prlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan dan lain-lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali.

Kisah bangunan ini cukup panjang. Bermula pada tahun 1910, saat kapal Belanda KPM mendarat di Bali dan menurunkan turis, Bali mulai dikenal di luar negeri. Sejak saat itu, Bali mulai kedatangan banyak turis yang menyebabkan banyak barang-barang sejarah dan prasejarah hilang atau diboyong oleh para pelancong itu. Melihat kondisi tersebut Mr. WFJ Kroon, Asistant Resident Bali dan Lombok memerintahkan Mr. Curt Grundler untuk membuat tim perencanaan museum dengan arsitektur Bali. Tim tersebut pun membangun museum dengan perpaduan antara arsitektur pura (tempat ibadah) dan puri (rumah bangsawan). Arsiteknya adalah I Gusti Gede Ketut Kandel dari banjar Abasan, I Gusti Ketut Rai dari banjar Belong, dan Curt Grundler dari Jerman. Dana dan material pembangunan disokong oleh Raja Buleleng, Tabanan, Badung dan Karangasem.

Namun sayang, ketika pembangunan museum tersebut hampir tuntas pada tahun 1917, Gunung Batur meletus. Gempa yang diakibatkan oleh letusan gunung itu meluluh-lantakkan sebagaian bangunan museum. Baru pada tahun 1932 bangunan museum ini rampung dan dibuka untuk umum.

Museum Bali terdiri dari tiga paviliun utama yakni Gedung Tabanan, Gedung Karangasem dan Gedung Buleleng berdasarkan konsep Tri Mandala yaitu nista mandala (bagian luar), Madya Mandala (bagian luar sebelum memasuki bagian inti), dan Utama Mandala (bagian inti). Di pojok depan sebelah kanan di bagian tengah terdapat sebuah bangunan yang disebut Bale Bengong. Di pojok depan sebelah kiri terdapat sebuah bangunan yang disebut Bale Kulkul.

Di Gedung Tabanan yakni pavilium yang berarsitektur khas kabupaten Tabanan, tersimpan barang-barang purbakala seperti benda-benda kesenian, aksesoris, peralatan rumah tangga, peralatan upacara dan bermacama-macam senjata tradisional.

Di Gedung Buleleng yang berarsitektur gaya Bali Utara tersimpan alat-alat perlengkapan rumah tangga, alat-alat kerajinan, alat-alat pertanian dan nelayan, alat-alat hiburan, patung-patung primitif dari tanah liat, batu dan banyak lagi.

Di Gedung Karangasem yang berarsitektur gaya Bali Timur tersimpan bermacam benda- benda prasejarah, benda-benda arkeologi, etnografi, seni rupa serta beberapa lukisan mordern.

Museum Bali memiliki koleksi tak kurang dari 10.506 buah, termasuk naskah, uang kepeng, keramik, dan porselin kuno. Selain tiga paviliun di atas, tersedia juga fasilitas lain seperti perpustakaan, laboratorium, dan gedung pameran. Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar, tepatnya di jalan Mayor Wisnu. Pada bagian sebelah selatan museum terdapat Pura Jagatnatha, sedangkan lapangan Puputan Badung dan Patung Empat Wajah (Patung Catur Muka) berada di depan Museum Bali. Bila menggunakan kendaraan bermotor, jarak tempuh menuju Museum Bali memerlukan waktu kira-kira kurang lebih 45 menit lebih kurang 13 km perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Tersedia pula sebuah kantin yang menjual minuman dan makanan untuk pelancong. (dari berbagai nara sumber)

Semoga bermanfaat buat sobat semua. Salam Happy Blogging..!!



215 comments

June 12, 2013 at 12:05 AM

Komentar ini telah dihapus oleh Author

June 12, 2013 at 12:18 AM

Bali memang merupakan salah satu surga wisata dunia, banyak peninggalan yang bernuansa budaya yang masih terpelihara dgn baik, dan ini menjadi kebanggaan Indonesia.Dan tidak heran jika di Bali banyak Museum cagar budaya yang apik.
salam blogger

June 12, 2013 at 1:05 AM

salam bos, anda menulis dengan runut sekali, saya kagum dengan tulisan anda tentang budaya di sana, terperlihara dengan rapi. terima kasih anda sudah berbagi informasi tentang Bali.

June 12, 2013 at 3:31 AM

Bali Bali Bali, aku berharap liburan ini bisa kesana :(

June 12, 2013 at 7:05 AM

Saya cuma penasaran arsitek bali timur dan bali utara. Perbedaannya seperti apa mas. Setau saya arsitek nuansa bali semua sama....ciri khasnya beda dgn daerah lain. tp saya baru tau jika di bali saja ada ciri khas arsitek.
Tapi intinya yg paing penting Mas Ks sebagai putra dewata seharusnya merawat dan melestarikan budaya pulai bali yg sudah di kenal diseluruh dunia. Termasuk kita semua.......

MERDEKA !!!

June 12, 2013 at 8:04 AM

KY suka lihat bahan2 sejarah, apa lagi di muzium pasti banyakkan, tapi kalau di Indonesia, kapan KY bisa sampai heee

June 12, 2013 at 8:20 AM

@Mas Nazar Maya ikut kak jalan" bareng,,, ntar kak ksetiawan yg antar

June 12, 2013 at 8:31 AM

peninggalan dari penjajah londo ya mas...
tukang insiyur nya byk juga ya...utk pembuatan museum ini :)
nice inpoh... :)

June 12, 2013 at 8:45 AM

@nakusanbali
polbek aja deh :)

June 12, 2013 at 8:57 AM

jadi ngerasa wisata ke bali,,,,
maksih infonya kak

June 12, 2013 at 10:06 AM

uang kepeng itu asalnya dari bali ya Bli? saya pernah tau, ada patung yang terbuat dari uang kepeng. bahkan katanya sekarang ada pabri uang kepeng, yang dipakai untuk seni.

June 12, 2013 at 10:19 AM

@budi os 19komentar ini nggak dihapus babar blas

June 12, 2013 at 10:20 AM

@jempot2-officeapik memang dan salam blogger juga

June 12, 2013 at 10:20 AM

@TCC Sampitasyiik dipuji. langsung terbang

June 12, 2013 at 10:20 AM

@MaYa KayLasemua blogger harus ikut. ditraktir semua sama Mas KS

June 12, 2013 at 10:21 AM

@Indah Pperbedaannya pada rutenya dong pasti. jelas kan?

June 12, 2013 at 10:22 AM

@KYbesok pagi bagaimana?

June 12, 2013 at 10:22 AM

@budi os 19si dul jaman dulu

June 12, 2013 at 10:22 AM

@MaYa KayLasaya belum ngerasa ahh. kecuali Mas KS ngajak-ngajak

June 12, 2013 at 10:23 AM

@khusna khairunnisakepeng apa epeng?

June 12, 2013 at 10:24 AM

saya suka banget sama museum, dan fatalnya, dari sekian puluh kali ke bali, belum pernah kesitu. kan payah to namanya. masa kuta lagi kuta lagi, joger lagi joger lagi. ini yang payah siapa coba?

June 12, 2013 at 10:24 AM

@zachflazzeh iya, MERDEKA!

June 12, 2013 at 10:25 AM

jadi, kapan kita berbondong-bondong kesana?

June 12, 2013 at 11:17 AM

mudah2an kapan2 bisa berkunjung ke sana, amin :)

June 12, 2013 at 11:46 AM

@wewengkon sumedangKapan, juga mudah-mudahan bisa berkunjung kesana, amin :P

June 12, 2013 at 11:51 AM

@zachflazzNunggu kucuran danasegar Bang Zach

June 12, 2013 at 2:13 PM

wah banyak banget kolesinya ya mas, samapi 10 ribuan..makasih infonya

June 12, 2013 at 3:12 PM

@zachflazzjom balik aja lah..jom plangan sepur

June 12, 2013 at 3:13 PM

@zachflazzmemang apik blogger salam

June 12, 2013 at 3:14 PM

@zachflazzjangan lupa bawa gantole

June 12, 2013 at 3:16 PM

@zachflazzsaya kasian mas ks nanti gak muat rumahnya, masak gelar kardus di depan rumah

June 12, 2013 at 3:16 PM

@zachflazzataou mati

June 12, 2013 at 3:17 PM

@zachflazzdapak ngajak...mamer mameri thok rek

June 12, 2013 at 3:18 PM

baguslah mas ks masih sadar pentingnya posting sejarah dan kesenian tapi efeknya kita kita cuma di pameri thooook....
ngiler sak ember mas mas...moon moon temon..hehehe

June 12, 2013 at 4:11 PM

followback ya gan..makasih sebelumnya
valentinofebrian.blogspot.com

June 12, 2013 at 4:27 PM

Bali memang eksotik..pingin ke sana lagi hehehhe

June 12, 2013 at 4:34 PM

@Agus Setyasepur argo lawu ya Mas..

June 12, 2013 at 4:39 PM

@Agus Setyakompak bener salam bloggernya..

June 12, 2013 at 4:40 PM

@Agus Setyayuk kita terbang bareng..

June 12, 2013 at 4:41 PM

@TCC Sampitbisa aja nih Mas TCC Sampit..^_^

June 12, 2013 at 4:42 PM

@Agus Setyagelar kardus di lapangan aja Mas. kan sambil maen bola sepak..

June 12, 2013 at 4:46 PM

@Agus SetyaNon Indah, perbedaannya di ciri khas bangunan.setiap kerajaan kan mempunyai ciri khas sendiri..hehe

Bang Zach,rutenya jawa bali ya..

Mas Agus ST, jangan mati lah...

June 12, 2013 at 4:47 PM

@zachflazzKY, kapan nih ke Indonesia? bisa ketemu blogger indonesia, seperti saya dan Bang Zach..hehehe

June 12, 2013 at 4:50 PM

@zachflazziya Mas, arsiteknya banyak banget. mungkin kurang sreg ya kalau dikit..hehe

si dul itu anak mana ya Bang?

June 12, 2013 at 4:51 PM

@Agus Setyahebat kan saya bisa mamerin kalian..xixixi

June 12, 2013 at 4:53 PM

@zachflazz*eh, kok nggak kepikir ke situ ya saya...
kalau epeng, nggak bisa dijual Pak Zach

June 12, 2013 at 4:55 PM

@zachflazzMbak Khusna, kayaknya bukan dari bali aja. di jawa kan ada juga tuh uang kepeng. emang ada pabrinya ya. baru tau saya..*paya..

kalau Epenk lain lagi Bang..xixixi

June 12, 2013 at 4:55 PM

@Kstiawan®terbang yuk *niup parasut

June 12, 2013 at 4:58 PM

@zachflazzjelas Bang Zach. nggak bawa buku panduan wisata. coba kalau liburan ke Bali ngajak saya, pasti tau tempat ini..hehehe

June 12, 2013 at 5:00 PM

@Suratno Kenthusnah bener kata Mas Suratno Kenthus nunggu kucuran dana segar dari anggota DPR..^_^

June 12, 2013 at 5:01 PM

@Suratno KenthusAmiin.. saya do'akan semoga bisa ke Bali.

June 12, 2013 at 5:02 PM

@Muroi El-Barezyiya Mas banyak banget. sampai susah ngitungnya..hehe

June 12, 2013 at 5:04 PM

@Agus Setyawkwkwk... ojo ngiler nang kene yo Mas..

June 12, 2013 at 5:06 PM
June 12, 2013 at 6:49 PM

sayangnya belum pernah ke bali :(

June 12, 2013 at 7:46 PM

@Kstiawan® komentar ini telah dihapus sama yang nulis

June 12, 2013 at 7:46 PM

@Kstiawan® komentar ini telah dihapus sama yang nulis

June 12, 2013 at 7:47 PM

@Kstiawan®memang salam blogger yang apik

June 12, 2013 at 7:53 PM

@khusna khairunnisa sayap2ku patah,, gak bisa terbang..

June 12, 2013 at 7:53 PM

@Kstiawan® ya bisa dunk.. apa sih yang gak bisa buat sobat.. ^_^

June 12, 2013 at 7:56 PM

@Kstiawan® saya dukung tuh soal traktiran'nya.. dan wajib.. hahaha

June 12, 2013 at 8:03 PM

@Kstiawan® lagi pada ngomong apaan ya,,

June 12, 2013 at 8:05 PM

@Kstiawan® si dul itu anak wan dollah..

June 12, 2013 at 8:06 PM

@Kstiawan® coba jangan dipamerin trus.. sekali2 jemput kami2 napa, trus bawa kesana.. hehehe

June 12, 2013 at 8:20 PM

@Kstiawan® maka'nya mas kalau kebali singgah dulu kerumah KS.. hehe.

June 12, 2013 at 8:20 PM

@Kstiawan® nunggu traktiran dari KS.. hihhi

June 12, 2013 at 8:21 PM

rebahan dulu ach.. sambil bayangin kapan saya bisa kebali..

June 12, 2013 at 8:41 PM

@Andy Borneo komentar ini ditulis oleh agus bg

June 12, 2013 at 8:42 PM

@Andy Borneo salam blogger memang yang apik

June 12, 2013 at 8:44 PM

@Andy Borneo aku terbang dengan satu sayap

June 12, 2013 at 8:45 PM

@Andy Borneo saya donk didaptarkan juga

June 12, 2013 at 8:47 PM

@Andy Borneo lagi ngomongin arisan mas andy

June 12, 2013 at 8:52 PM

@iin indriani yuk besok kita kebali mbak iin

June 12, 2013 at 9:37 PM

mantap banget... kalau mau masuk ke museumny harus bayar ndak ya

June 12, 2013 at 9:38 PM

@agus bg suit suit... asiiik

June 12, 2013 at 9:39 PM

@Kstiawan®blog mamang belum di follow

June 12, 2013 at 9:40 PM

@Kstiawan®mooon mooon kalau nggak enak kasih kucing saja mooon moooon temoooon

June 12, 2013 at 9:41 PM

@Kstiawan® ternyata ada yang rajin ngitungnya ya

June 12, 2013 at 9:43 PM

@Andy Borneonunggu waktu yang tepat mas

June 12, 2013 at 9:45 PM

@agus bg MERDEKA...

June 12, 2013 at 9:46 PM

@agus bg Sekalian pulang kampung ya

June 12, 2013 at 9:47 PM

@agus bg lihat yang terbang ah

June 12, 2013 at 9:49 PM

@agus bgsalam bloger harus apik

June 12, 2013 at 9:50 PM

@agus bgkomentar ini jangan dihapus

June 13, 2013 at 12:48 AM

Museum memang sangat banyak manfaat pengetahuan di dalamnya.

June 13, 2013 at 1:25 AM

@Andy Borneowan dollah yg punya kebon singkong...

June 13, 2013 at 1:33 AM

@Andy Borneo
sekalian jajal lewat tol baru ya bang :)

June 13, 2013 at 1:35 AM

@Yono Karyonoeko...

June 13, 2013 at 1:37 AM

@Yono Karyonokomentar siapa tuh yang jalan-jalan?

June 13, 2013 at 1:39 AM

@andydesain.com
Geseran...dikit bang :)

June 13, 2013 at 1:39 AM

@Yono Karyonosalam blogger itu apik semua pokoknya..

June 13, 2013 at 1:44 AM

@Lynn Munirmisanya?

June 13, 2013 at 1:46 AM

@Yono Karyonoyuk Mang kita terbang pakai layang-layang.

June 13, 2013 at 1:47 AM

@Andy Borneoko' bisa ya..!

June 13, 2013 at 1:51 AM

@Yono Karyonosaya ikut pulang kampung.

June 13, 2013 at 1:52 AM

@Yono Karyonoyuk kita arisan..

June 13, 2013 at 1:53 AM

@Andy Borneowan dollah tukang oplet.

June 13, 2013 at 1:56 AM

@Andy Borneojemput pakai kereta api ya..

June 13, 2013 at 1:58 AM

@Andy Borneobetul..

June 13, 2013 at 1:59 AM

@Yono Karyonotepat sekali Mang.

June 13, 2013 at 2:00 AM

@Yono Karyonorajin banget Mang.

June 13, 2013 at 2:01 AM

@Yono Karyonokucingnya siapa Mang?

June 13, 2013 at 2:03 AM

@Yono Karyonosuruh pollow tuh Mang.

kalau saya kan sudah pollow blog Mamang.

June 13, 2013 at 2:04 AM

@Fauzul Andimeksotis banget Mas. yuk bareng sama saya kalau ke bali..

June 13, 2013 at 2:05 AM

@Yono Karyonoasiik.. saya ikut ya.

June 13, 2013 at 2:06 AM

@andydesain.combayangin ketemu saya juga ya sob..^_^

June 13, 2013 at 2:08 AM

@Yono Karyonobayar 2rb Mang. mau kesana kah Mamang?

June 13, 2013 at 2:08 AM

@Lynn Muniriya Mbak Lynn, nambah pengetahuan sejarah.

June 13, 2013 at 4:52 AM

Ikut nimbrung nih, sepertinya ramai banget berbicara masalah museum Bali

June 13, 2013 at 6:55 AM

semoga impian saya untuk bisa berkunjung ke Bali suatu saat dapat terwujud yaa Sob...

June 13, 2013 at 7:08 AM

@Kstiawan®Ikuttttttttttt

June 13, 2013 at 7:09 AM

Mas Ks soal kerajaan di pulai bali saya ingin sekali sejarang kerajaan buleleng. kapan2 posting deh

June 13, 2013 at 9:22 AM

lagi lagi bali tidak habis dengan keindahannya mas admin trima kasih infonya mas.. :)

June 13, 2013 at 10:05 AM

@Kstiawan®komentar saya njomplang

June 13, 2013 at 10:06 AM

@Kstiawan®pokoknya semua apik karena salam blogggger

June 13, 2013 at 10:09 AM

@Kstiawan®saya pengen terbang seperti betmen

June 13, 2013 at 10:10 AM

@Kstiawan®kasih cipok basah dulu

June 13, 2013 at 10:10 AM

@Kstiawan®sambil joging dilapangan sekalian joging sampek rumah masing-masing

June 13, 2013 at 10:11 AM

@Indah Psaya kalau dapat yang pertama tak pura pura lupa bayar

June 13, 2013 at 10:12 AM

@Kstiawan®pakai odong-odong yang ada toilet dalamnya

June 13, 2013 at 10:12 AM

@Kstiawan®epenk itu siapa ?

June 13, 2013 at 10:13 AM

@Kstiawan®jangan lupa bawa bibit jati di polibek nanti ditandur di kerek kayak manuk kutut

June 13, 2013 at 10:14 AM

@Kstiawan®oh iya ya...kucing siapa ?

June 13, 2013 at 10:14 AM

@Kstiawan®belog saya juga belum tuh

June 13, 2013 at 10:24 AM

Bali memang indah dan lengkap.
koq saya jadi pengin bulan madu di Bali ya..

June 13, 2013 at 12:33 PM

Bali pantas dijuluki dengan Pulau Dewata ya bli, soalnya tempat2 yang indah termasuk museum tersebut. Saya kalau ke Bali rasanya malas pulang ke jawa, soalnya sangune entek bli.., terus gimana?

June 13, 2013 at 3:34 PM

yee.. saya terlambat -__- .. pernah ke museum baru sekali tapi itu di bogor,.

June 13, 2013 at 7:55 PM

@Kstiawan® Budi os 19 > gimana mau geseran bang,, ini aja udah sempit.. hehe..

KS > justru gak bisa dibayangin sob kalau ngebayangin ente.. jadi ng'bayangin cewek bali aja.. xixixix..

June 13, 2013 at 7:58 PM

@Indah P apa itu..

June 13, 2013 at 7:58 PM

@zachflazz ciyeeee.. cuiitt.. cuiitt..

June 13, 2013 at 8:06 PM

@Miz Tia ini kan judulnya museum bali bukan museum bogor.. hihihi

June 13, 2013 at 8:16 PM

Bru tahu nih sobata ternyata Museum Bali ini memiliki koleksi tak kurang dari 10.506 buah, termasuk tiga paviliun juga fasilitas perpustakaan, laboratorium, dan gedung pameran.
Informasi yg berguna gan
terima kasih sudah berbagi

June 13, 2013 at 8:17 PM

@Yono Karyono
Kalau hanya 2 ribu rasanya gak rugilah, karena banyak manfaatnya.

June 13, 2013 at 8:35 PM

@Agus Setyakaya damtruk Pak Agus, bisa njomplang

June 13, 2013 at 9:16 PM

@Kstiawan® ketemu saya juga..hehe.. ngomong2 tinggal'nya di kuala lumpur apa di kuching.. kalau di kuching paling 7 jam aja nyampai ketempat saya.. hihhi

June 13, 2013 at 9:23 PM

saya sangat suka sekali berkunjung ke museum ...

June 14, 2013 at 12:27 AM

kapan-kapan aku ke Bali
aku kan ke museum sekali-kali

tapi kapan ya terjadi
rencana ini

June 14, 2013 at 2:46 PM

@khusna khairunnisadamntruk yang biasa muat pasir urukan

June 14, 2013 at 3:03 PM

@Andy Borneo ceilee..

kapan-kapn kaksetiowon posting geh tentang kebun binatang. saya suka tuh kalo tentang alam.

June 14, 2013 at 3:04 PM

@Nia Dewiasih gak masalah, entar ks juga ajak kita kesana #ngarep

June 14, 2013 at 4:12 PM

lumayan nihh buat pengetahuan :D

Kunjungan Rutin nihh, Saya Tunggu Kunjungan Anda Di Blog Sederhana saya ya :D

June 14, 2013 at 7:47 PM

rasanya ingin deh berkunjung ke bali , tapi mahal ongkos perjalanan nya hehe

June 14, 2013 at 9:15 PM

@vina devinaayo pake getek bareng-bareng serombongan?

June 14, 2013 at 9:15 PM

@Saiful Anassaya lebih sederhana lagi malah

June 14, 2013 at 9:16 PM

@anisayubesok pagi

June 14, 2013 at 9:16 PM

@anisayubesok pagi

June 14, 2013 at 9:16 PM

@Miz Tiasaya paling suka manjat pohon mangga malah

June 14, 2013 at 9:17 PM

@Andy Borneomusium inggris ada lagi tuh

June 14, 2013 at 9:17 PM

@Boku no Blogditanggung Mas KS, donwori

June 14, 2013 at 9:18 PM

@Miz Tiagimana kalo posting tentang gajah aja dulu

June 14, 2013 at 9:18 PM

@Andy Borneosejarang apaan? satu jarang? bingung ahh

June 14, 2013 at 9:19 PM

@Kstiawan®misalnya...
apa yaa. ahh baca aja di buku IPS

June 14, 2013 at 9:20 PM

@Andy Borneodipilihh ... dipiliihh

June 15, 2013 at 1:08 AM

@Agus Setyamuat batu juga bisa.

June 15, 2013 at 1:11 AM

@Agus Setyablogger memang hebat ya. termasuk kita..

June 15, 2013 at 1:13 AM

@Agus Setyabatmen tuh bukannya loncat..

June 15, 2013 at 1:15 AM

@Agus Setyaawas ilere Mas..xixixi

June 15, 2013 at 1:18 AM

@Agus Setyasampai ngos-ngosan..

June 15, 2013 at 1:19 AM

@Agus Setyasekalian pura-pura nggak ikut..

June 15, 2013 at 1:21 AM

@Andy Borneokucing deket rumah Ente ya sob..

June 15, 2013 at 1:25 AM

@Agus Setyasopo seng ngongkel..?

June 15, 2013 at 1:26 AM

@Agus Setyatemennya Kstiawan Mas..

June 15, 2013 at 1:29 AM

@Agus Setyapolbek sama jom balik ya Mas..

June 15, 2013 at 1:33 AM

@Agus Setyasini cing tak kasih makan..

June 15, 2013 at 1:35 AM

@Agus Setyako' bisa ya..

June 15, 2013 at 1:36 AM

@zachflazzapanya yang dipilih Bang?

June 15, 2013 at 1:37 AM

@Penyuluh Perikananjelas gak rugi.

June 15, 2013 at 1:38 AM

@zachflazztrus pakai GPS. tamba lengkap deh.

June 15, 2013 at 1:41 AM

@Rasito Rastamsilahkan Mas nimbrung disini. sekalian ikut meramaikan.

June 15, 2013 at 1:42 AM

@Hayardin Putrasemoga terwujud Mas..Amiin

June 15, 2013 at 1:43 AM

@zachflazzmaksud Indah sejarah kerajaan buleleng..

June 15, 2013 at 1:45 AM

@Imron fhatonisama-sama Mas Imron, terima kasih juga.

June 15, 2013 at 1:46 AM

@zachflazztar saya posting burung aja..

June 15, 2013 at 1:48 AM

@zachflazzMas Boku sambil kerja aja disana. ben nggak entek sangune..hehe

donwori bihappy..

June 15, 2013 at 1:51 AM

@zachflazzmuseum jepang baru banyak...

June 15, 2013 at 1:53 AM

@Penyuluh Perikananiya Mas banyak sekali koleksinya, sampai ribuan..

June 15, 2013 at 1:54 AM

@zachflazzsaya juga suka di ajak manjat.

June 15, 2013 at 1:56 AM

@zachflazzsambil bawa roti satu panci.

June 15, 2013 at 1:58 AM

@zachflazzMas Saiful, terima kasih kunjungan rutinnya.

malah sangat sederhana.

June 15, 2013 at 1:59 AM

@zachflazzsaya ikut ya..

June 15, 2013 at 8:46 AM

@Kstiawan®nggak boleh. situ kan jaga museum menyambut kehadiran kita

June 15, 2013 at 8:47 AM

@Kstiawan®saya mau komen apa coba

June 15, 2013 at 8:47 AM

@Kstiawan®pancinya pada ilang nih

June 15, 2013 at 8:48 AM

@Kstiawan®manjat towernya Mas Rawins?

June 15, 2013 at 8:48 AM

@Kstiawan®ribuan gambar pattimura?

June 15, 2013 at 8:49 AM

@Kstiawan®jejer pangandaran?

June 15, 2013 at 8:49 AM

@Kstiawan®begitu ya

June 15, 2013 at 8:49 AM

@Kstiawan®jangan yang nggak bisa terbang ya

June 15, 2013 at 8:49 AM

@Kstiawan®kembali kasih

June 15, 2013 at 8:50 AM

@Kstiawan®ada Ktut Jelantik dong?

June 15, 2013 at 8:50 AM

@Kstiawan®mau nulis apa tadi ya

June 15, 2013 at 8:51 AM

@Kstiawan®TPS juga bisa. ntar kalo Pemilu

June 15, 2013 at 10:23 AM

@Kstiawan®
kasih kembali

June 15, 2013 at 10:50 AM

@Kstiawan®muat mercon juga bisa

June 15, 2013 at 10:51 AM

@Kstiawan®Hidup Bloger... MERDEKA

June 15, 2013 at 12:54 PM

biasanya rata-rata kebayakan keberadaan musium terlantar karena kurang dana perawatan, semoga musium ini tidak demikian ya mas

June 15, 2013 at 2:15 PM

@Thanjawa Arifaamiin

June 16, 2013 at 9:48 AM

@Yono Karyonoemang sejak kapan museum melayani bongkar muat..?

June 16, 2013 at 9:48 AM

@Yono Karyonotapi namane itu lho...
masa jemput jemputan..?
tar kepleset jadi item keriting lo...

Post a Comment

Peraturan Berkomentar di Blog ini:
1. No live link!! dan dilarang jualan disini..!!
2. Jangan menggunakan shortlink.