Adu Hidung Sebelum Adu Jotos

Adu Hidung Sebelum Adu Jotos
Persis seperti kucing yang mau cakar-cakaran, atlet tinju Yunani berabad lalu harus Adu Hidung lebih dulu Sebelum Adu Jotos. Tujuanya, saling menjatuhkan mental lawan. Begitu priit, baru keduanya saling memukul, menendang, atau menjambak. Pertarungan tanpa peraturan itu baru berakhir sampai salah satunya teler. Itulah pancatrium, cikal bakal tinju. Sejarahnya sebagai "olahraga" sudah ada sejak 2.000 - 1.500 tahun SM di mesir. Sumber lain menyatakan 4.000 tahun SM. Penyebaran selanjutnya menuju Mesopotamia, Kreta, barulah Romawi. Olahraga ini juga dipertandingkan pada Olimpiade kuno. Tangan petarung dilapisi kulit keras, dinamakan cetus, untuk melukai lawan sekaligus melindungi diri. Anak-anak muda calon prajurit dibekali pula kemampuan beladiri ini.

Petarungan ini semakin populer ketika para budak membawanya ke Romawi. Tinju masa jahilliyah ini lebih mengerikan. Pelapis tangan diberi logam agar pukulan semakin mantap dan wajah lawan semakin tak berbentuk. Pertarungan tak akan dihentikan sebelum lawan mengangkat tangan atau malah tewas. Pada abad keempat, pukulan pada kepala mulai menjadi teknik efektif untuk menjatuhkan lawan.

Petarungan satu lawan satu muncul kembali pada abad pertengahan di Inggris Barat dan Utara. Bentuknya masih mirip kombinasi gulat dan perkelahian jalanan. Adu Jotos memasuki era baru setelah James Figg, jawara petarung 1719 - 1730, membuka sekolah beladiri. Pelajarannya mencakup penggunaan senjata sampai perkelahian yang diistilahkan the manly arts of self defense. Peraturan pertandingannya kemudian dipertegas Jack Broughton pada 1743, seperti larangan bermain curang dan penggunaan sebuah arena pertarungan. Pada masa ini sarung tinju baru dipakai dalam latihan.

Peraturan Broughton baru dibakukan dengan nama London Prize Ring (LPR) pada 1838, yang direvisi tahun 1858. LPR mengatur bahwa arena pertarungan mempunyai sisi tuju meter yang dikelilingi tali dengan wasit dan dua juri. Setiap petinju yang roboh diberi istirahat 30 detik. Petinju juga sudah dibagi menjadi empat kelas. Dari kelas ringan (hingga 63,5 kg), kelas menengah (hingga 71,7 kg) dan kelas berat (di atas 71,7 kg).  (Bersambung...)
Sumber Gambar: inilah.com

Semoga bermanfaat buat sobat Blogger semua. Salam Happy Blogging..!!


90 comments

May 14, 2013 at 6:52 AM

Kirain adu hidung mau ngapain sob ternyata cuman cikal bakal sesuatu ya... Hahahahahah

May 14, 2013 at 7:10 AM

Hmm.. kirain abis itu adu apa gitu..

May 14, 2013 at 7:15 AM

Kalo cikal bakal adu jangkrik itu ada gak? Hehehehe

May 14, 2013 at 7:16 AM

Klo adu hidung lawan cewek mah mau banget hehehe...palagi adu yang lain... wekekeke

May 14, 2013 at 7:21 AM

ini sejarah tinju yah mas....? kok lucu yah, pakai adu hidung.

May 14, 2013 at 7:23 AM

Kalau awal mula adu mulut tuh ceritanya gimana?

May 14, 2013 at 7:26 AM

Makasih infonya mas..

May 14, 2013 at 7:28 AM

Gak begitu suka tinju, tapi dulu cukup hobi ninju orang. Beralih akhirnya jadi hobi ninju keypad laptop/kompi. Cukup pake ujung jari bikin puas lumayan.

May 14, 2013 at 7:30 AM

Boleh juga informasinya..

May 14, 2013 at 7:41 AM

Hehehehehe.. ada-ada aja..

May 14, 2013 at 8:02 AM

tinju awalnya dari yunani to... caranya juga unik tuh adu hidung dulu... hehehe

May 14, 2013 at 8:23 AM

nin beneran sejarah tinju mas?????
ko lucu ya.... :D

May 14, 2013 at 8:27 AM

ngeri banget mas tinju jaman jahiliyah, sekarang para pettinjunya susah ada penceraahan dengan dibekali sarung tinju, bukan sarung yang lain

May 14, 2013 at 8:40 AM

nampak sangat ganas dan kejam lah.. salah satu sebab saya tak suka tinju2 yang ganas macam ni sebab saya tak sanggup tengok mereka saling melukai antara satu sama lain tanpa rasa kemanusiaan langsung..

May 14, 2013 at 9:45 AM

aku takut............. *?*

#manja.

May 14, 2013 at 10:01 AM

@Agus Setyabener sob

May 14, 2013 at 10:01 AM

@Miz Tiaadek tiri mas Ks nih

May 14, 2013 at 10:17 AM

kalo saya adu hidung sama bang aci pasti kalah bli.. ndak isa sayaaa :|

May 14, 2013 at 11:00 AM

tau persis sejarahnya ya...pasti pengalaman pribadi kan?!

G+ udah dimenduniaken kusayah kang...pasti!!

May 14, 2013 at 11:06 AM

@Cilembu theasaya pengen liat pertarungan dijaman jalhiliah, kayanya asik dan seru ya kang...dibali ada arenanya ngga ya?

May 14, 2013 at 11:08 AM

Baru tahu ane...masak sih...?!hehe

May 14, 2013 at 11:30 AM

waehahahahaa..
itu ciyusan om,. ada tinju hidung gitu???

May 14, 2013 at 12:44 PM

hmm begitu ya... ternyata sejarah olahraga tinju sudah dimulai sejak dahulu kala. Sebelum masehi lagi.

May 14, 2013 at 12:45 PM

hehhee...istilahnya lucu sekali...kirain adu hidung beneran

May 14, 2013 at 3:50 PM

kayaknya sobatku ini hoby sekali sama tinju yah xixiiii... :)
ngomong2 kasian kang yg jdi wasitnya tu yg di gambar xixiiii ... kereeennnn ... :D

May 14, 2013 at 4:03 PM

@Agung Talaga hayoo siapa yang mancung dan siapa yang pesek.

May 14, 2013 at 4:04 PM

@nelson sitompul adu kegantengan *mungkin*

May 14, 2013 at 4:04 PM

@info terbaik -___________-

May 14, 2013 at 4:05 PM

@Indah P mas di panggil tuh.. :D

May 14, 2013 at 4:06 PM

@Indah P sarung goni

May 14, 2013 at 4:08 PM

@Indah P apa iya?? ~_________~

May 14, 2013 at 4:08 PM

@diniehz gimana ceritanya

May 14, 2013 at 4:09 PM

@Cilembu thea belum pernah ke bali ya??

sama dong.

May 14, 2013 at 4:57 PM

Ditunggu sambungannya mas ... :D

May 14, 2013 at 6:14 PM

Aneh juga pertandingannya Mas lain dari pada yang lain.

May 14, 2013 at 6:30 PM

hahahaha, ini ni baru posting kreatif, yang mesti diapresiasi,,

klo adu yang lain mah ane juga ikutan , hehe posting keren gan thanks

May 14, 2013 at 7:20 PM

hahaha ternyata... wah ketipu ma judulnya ne :P

May 14, 2013 at 11:13 PM

@Miz Tiaiya sob, cuma cikal bakal Tinju

yang mancung saya dan yang pesek Miz Tio..wkwkwk

May 14, 2013 at 11:14 PM

@Miz Tiapasti saya menang kalau adu kegantengan..hehe

*Kang Hadi, lewat mah..xixixi

May 14, 2013 at 11:16 PM

@Miz Tiaada tuh Adu Jangkrik. jangkrik jinggo..hehehe

May 14, 2013 at 11:17 PM

@Budi Siswantoadu yang lain tuh seperti apa ya mas?

kasih contoh donk mas..hehehe

May 14, 2013 at 11:20 PM

@Miz TiaIndah, iya sejarah tinju. kan hidungnya biar mancung..xixixi

udah dari kemarin tuh manggil-manggil Miz...

May 14, 2013 at 11:21 PM

@kontes seoceritanya demo. kalau adu mulut..

May 14, 2013 at 11:21 PM

@film terbaik di duniasama-sama..

May 14, 2013 at 11:24 PM

@Suhendri Mrkalau adu hidung perna nggak Mas? saya perna adu hidung sama ponakan saya..xixixixi

May 14, 2013 at 11:25 PM

@jasa seo murahjuga boleh..

May 14, 2013 at 11:26 PM
May 14, 2013 at 11:27 PM

@Google Adsensekonon ceritanya gitu..

May 14, 2013 at 11:28 PM

@paimungiya beneran Mas Sejarah Tinju.

May 14, 2013 at 11:30 PM

@Miz TiaSarung Pantai

May 14, 2013 at 11:31 PM

@boni kacaksaya juga tak suka. saya suka bola..hehehe

May 14, 2013 at 11:32 PM

@Miz Tiamosok seh, ko' nggak mirip..??

May 14, 2013 at 11:34 PM

@Miz Tiakalah panjang ya mbak hidungnya?

Miz, tuh minta ceritain sama mbak Diniehz..

May 14, 2013 at 11:36 PM

@Miz Tiadi Bali ada Kang arena tinju.

Miz Tio, tuh Kang Hadi ajak ke Bali bareng kamu. kan sama-sama nggak perna ke Bali..xixixi

May 14, 2013 at 11:36 PM

@Andik Rasidaiya, saya juga baru tau setelah posting..hehehe

May 14, 2013 at 11:37 PM

@mohamad rivaibeneran Om, tapi jaman dulu banget.

May 14, 2013 at 11:38 PM

@Rahmat Aziziya, tapi ganas banget tinjunya jaman dulu. lain dengan sekarang..

May 14, 2013 at 11:40 PM

@Mbak Iisbeneran Adu Hidung mbak. tapi jaman dulu pertama kali ada tinju.

May 14, 2013 at 11:42 PM

@EKA IKHSANUDINwkwkwkwk... ko' malah wasit yang ada di Gambar Karikatur Kang.

May 14, 2013 at 11:42 PM

@Mas Nazarbulan depan mas sambunganya..hehehe

May 14, 2013 at 11:43 PM

@Abed Saragihiya mas aneh banget. tapi serem..hehe

May 14, 2013 at 11:44 PM

@Wisata Murahhehehe... adu yang lain tuh yang seperti apa ya Bang?

May 14, 2013 at 11:45 PM

@pasnemwaduh.. saya nggak maksud nipu loh..xixixi

tapi nyeritain dikit.

May 14, 2013 at 11:55 PM

ohh ternyata begitu ya asalnya.... sip

May 14, 2013 at 11:59 PM

@Kstiawan® Jangkrik bos

May 15, 2013 at 5:13 AM

mau nawarin kopi lampung + ubi anget buat adminnya nih

May 15, 2013 at 6:59 AM

selamat pagi Sobat Nakusan...waah saya kira ada apa nich dengan Adu Hidung dengan Adu Jotos,,,bagaimana kabarnya sobat..???

May 15, 2013 at 9:07 AM

@Agus Setyamas ks biasa berjemur pakai jas hujan sih

May 15, 2013 at 9:08 AM

@Miz Tianamanya juga adhek tiri, entah itu mirip tetangga juga bisa

May 15, 2013 at 9:08 AM

@Cilembu theabali itu enak gak buat wisata ?

May 15, 2013 at 9:09 AM

@Cilembu theasaya bawa sukun rebus deh kang

May 15, 2013 at 9:26 AM

@Kstiawan® idung Miz Tia mancung kek orang arabic *ngalem

hahaha.

May 15, 2013 at 9:27 AM

@Kstiawan® hahaha..
mbak Indah P (Indah Pesek) .. *eehh saya disuruh kaksetiawan loh.

May 15, 2013 at 9:30 AM

@Kstiawan® yang jelas lebih cantik saya daripada kaksetiawan kan??.

May 15, 2013 at 9:30 AM

@Agus Setya enaknya buat cuci mata sama kumur-kumur.

May 15, 2013 at 9:33 AM

@Agus Setya saya bawa tikar.

May 15, 2013 at 9:37 AM

@Yono Karyono apanya yang sip?? muka bonyok dibilang sip :D.

May 15, 2013 at 10:08 AM

Owh...ta kura eh...kira
ada kontes bentuk hidung mas....eh ternyata duel ya...wkwk :D

May 15, 2013 at 10:38 AM

tinju ini ?

May 15, 2013 at 10:56 AM

sejarah tinju tho, om..?
kirain mau bahas ciuman sebelum njotos...

May 15, 2013 at 5:17 PM

Baru tau nih sejarah tinju

May 15, 2013 at 5:54 PM

Wah .. mesti bau mas itu ... gambarnya diganti dong ... saya takur jadi ga baek mas... saya mengidolakan yg pake kacamata lho mas ... ?

May 15, 2013 at 6:25 PM

yaelah pake adu idung segala.. Klo gt aku jg bisa. Idungku kan gede #eh :P

May 16, 2013 at 3:31 AM

@Miz Tiabener miz emang mancung...suwer deh, cewe kalau mancung pasti deh cantik...hahay

May 16, 2013 at 3:34 AM

@Kstiawan®pantesnya saya atuh yang ngajak miz kebali...
ya udah besok kita berangkat ke Bali, tak tunggu dipertigaan ya Miz, jangan lupa bawa sarung

May 16, 2013 at 3:36 AM

@Miz Tiaberarti Miz Tia makanin tikar dong....?!biarin kang jangan dibelain...jangan juga dikasih sukun rebusnya.

May 16, 2013 at 3:39 AM

@Miz Tiabwahahahaaaaa, ngakak ngga berenti2
Miz kamu jail banget deh ih...mang yono kan seumuran bapakmu, masa gituh sih...ngga sopan!!...

May 16, 2013 at 3:40 AM

@Kstiawan®halaaah...bilang azh trik SEO gituh...hehehe

May 16, 2013 at 3:43 AM

@Indah Phah...ade tirinya to'.....hadeuh saya tertipu lagih nih

May 16, 2013 at 1:25 PM

dulu waktu aq kecil, klo mo kelahi juga gitu,, yang jadi wasit mesti nyuruh megang hidung lawan dahulu,,, qiqiiqiqiii

jaman sd waktu ada perkelahian,,,

Post a Comment

Peraturan Berkomentar di Blog ini:
1. No live link!! dan dilarang jualan disini..!!
2. Jangan menggunakan shortlink.