Jalan Tol Tanjung Benoa Bali

Rencana pembangunan jalan tol layang yang akan menghubungkan Tanjung Benoa Bali dengan Serangan di Bali diharapkan dapat menjadi jawaban untuk mengatasi masalah infrastruktur di pulau itu.

Jalan Tol Tanjung Benoa Bali
image dari google



Proyek jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua, By Pass Ngurah Rai, Bandara, dan Benoa diprediksi rampung Oktober 2013.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali Ketut Artika mengatakan telah disepakati kontrak kerja sama antara kontraktor sebagai pelaksana dengan para owner terkait butir-butir spesifikasi teknis dan administrasi dalam tahapan Pre Construction Meeting (PCM).
Tahapan selanjutnya pemasangan konstruksi di wilayah atas perairan dan di atas daratan, bersamaan dengan itu pembebasan lahan di daratan juga dilaksanakan sehingga semuanya berjalan secara simultan.

Menurut Artika proyek akan selesai pada Mei atau Juni 2013 dan selanjutnya disertai proses uji coba selama 3 bulan. Setelah itu, Artika menyebutkan tepatnya pada bulan Oktober 2013 jalan sudah dibuka untuk umum dan siap digunakan untuk KTT APEC.

Investasi proyek jalan tol yang membentang sepanjang 11 km tersebut sebesar Rp2,3 triliun. Adapun para investor yang terdiri dari beberapa perusahaan BUMN ini membentuk konsorsium yang tergabung dalam PT Jasa Marga Bali Tol.

Kepemilikan saham masing-masing investor di antaranya PT Jasa Marga 60%, PT Pelindo III 20%, PT Angkasa Pura I 10%, PT Wijaya Karya 5%, PT Hutama Karya 2%, PT Adhi Karya 2% dan PT Pengembangan Pariwisata Bali (BTDC) 1%.

Selain bertujuan untuk persiapan dalam pertemuan APEC 2013, proyek ini juga dibangun dalam rangka program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Artikel ini di ambil dari beberapa nara sumber:

Salam Happy Blogging..!!


169 comments

January 22, 2013 at 6:30 AM

wah ghitu yah sob,, sayang sekali nih gak bisa ke bali.. uplaus ajha dah untuk pulau bali yg makin kreen...

Waduh doggy style pada kemana nih,, coba pinda halaman aja ah...

January 22, 2013 at 8:50 AM

wes wes, ga usah posting tentang Bali,, bikin aku gelisah pengen ngibrit kesono T_T

January 22, 2013 at 9:30 AM

bali, kapan saya bisa kesana ya. cuman melongok liat keindahan bali dibalik layar :D

January 22, 2013 at 10:03 AM

Kalau sudah ngomongin Bali wih rasa rindu yang amat sangat bagi saya yang sudah lama nda mampir ke Bali lagi. Berasa 10 kali ke Bali sejak tahun 2005 terasa kurang, dan saya kurang maksimal dalam mengeksplore Bali selain Kuta saja.

Saya hafal KUTA dibanding daerah lain dan itu bagi saya kurang maksimal rasanya. Kapan ya bisa ke Bali lagi ke tempat lainnya? Pokoknya Bali selalu ada di hati saya. Miss Bali so much

January 22, 2013 at 10:22 AM

Mantab, semoga tambah maju.

January 22, 2013 at 10:23 AM

semoga dengan pembangunan ini lalu lintas jadi lancar dan masyarakat sekitar juga diuntungkan ya. serta lingkungannya juga tetap terjaga.

January 22, 2013 at 11:51 AM

@Asep Haryono hebat ^,^

January 22, 2013 at 11:54 AM

belum pernah kesono :D .

January 22, 2013 at 11:58 AM

kapan ya bisa ke sana...bukan ke bali...malah kembali...hehe

January 22, 2013 at 11:59 AM

sama... :)

January 22, 2013 at 12:02 PM

semoga proyek nya berjln lancar...n gak over budget ya mas.... :)

btw Apec itu yg buat ngaspal jalan ya mas...hehe

January 22, 2013 at 12:27 PM

Mas Set, maaf sekarang aku hanya mampir aja dulu ya. :)

#stor muka

January 22, 2013 at 1:31 PM

@Rudy Arrasama....
aku juga stor muka dulu,nanti malam kencan ya.....:P

January 22, 2013 at 1:48 PM

@tujuh bungangikut ngbrit :p

January 22, 2013 at 1:49 PM

@Mas Andankmasih mending bs liat dr layar, lha sy cm dr kalender :p

January 22, 2013 at 1:51 PM

@Asep Haryonosya...? mis_kin jadi telan ludah :D

January 22, 2013 at 1:52 PM

@MizTiakesono bareng yuuuk....*zzz dlm mimpi :D

January 22, 2013 at 1:53 PM

@Reo Adammas arra n mas reo...mbok setor arisan :D

January 22, 2013 at 2:23 PM

kapan ya bisa ke bali lagi ???

January 22, 2013 at 2:24 PM

selamat sore mas nakusan

January 22, 2013 at 2:58 PM

wow di balo ada tol juga?? mantab ya sob gubernurnya..

January 22, 2013 at 4:15 PM

sekarang kondisi lalulintas di Bali sering macet, apalagi di Simpang Siur...semoga jalan Tol ini menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan agar menjadi lancar kembali :)

January 22, 2013 at 4:34 PM

izin follow ya

ditunggu followbacknya

January 22, 2013 at 5:58 PM

@Bandar Blogermaaf sob disini gak bisa doggy style..hehehe

belum ada yang di pasang.

January 22, 2013 at 6:00 PM

@cii yuniatyMbak Tuju Bunga, gak usah gelisa. cepet ngibrit kesana..

Mbak Cii, mbutut mburi yo...:D

January 22, 2013 at 6:05 PM

@cii yuniatyMas Andank, belum perna ke Bali ya?

Mbak Cii, suka liatin kalender yo..

*ada apa dengan kalender?

January 22, 2013 at 6:12 PM

@cii yuniatybicara soal Kuta, saya teringat saat jailin orang2 yang nongkrong di Bar..hehehe

Mbak Cii, ludah sapa tuh yang di telan?

January 22, 2013 at 6:14 PM

@mariyanto widodoAmiin.. semoga tambah maju Bali mas. dan aman..:D

January 22, 2013 at 6:16 PM

@baju muslim hyeongnimmudah-mudahan kawan, Bali kembali aman.

January 22, 2013 at 6:18 PM

@cii yuniatyjangan lupa saya di ikut sertakan dalam mimpi. lumayan mimpi bareng dua cew...:D

January 22, 2013 at 6:19 PM

@budi os 19saya doakan biar bisa liburan ke Bali bareng keluarga mas..:D

January 22, 2013 at 6:22 PM

@budi os 19ya semoga lancar dan gak ada kendala mas. jangan seperti proyek GWK yang macet.

Apec itu bukanya merk komputer mas..hehe

January 22, 2013 at 6:23 PM

@cii yuniatysaya setuju dengan mbak Cii.

*tumben pinter

January 22, 2013 at 6:24 PM

@Herman Baguskalau ada niat pasti terwujud sob..:D

January 22, 2013 at 6:25 PM

@Arluvaselamat sore juga mbak Arluva.

January 22, 2013 at 6:26 PM

@Maz Bramsiya mas. baru pertama kali jalan tol di bangun di Bali. jalan tol ini di bangun diatas laut. keren kan..hehehe

January 22, 2013 at 6:28 PM

@BlogS of Hariyantobener mas, apalagi di kawasan jalan Imam Bonjol. semoga mengurangi kemacetan dengan adanya jalan ini.

January 22, 2013 at 6:29 PM

@fauzul_andimgak sekalian fanpage FB atau Twitter..hehehe

nanti saya polbek sob.

January 22, 2013 at 6:33 PM

Pengen kesana hehe com back

January 22, 2013 at 8:12 PM

mksdx itu jalan tol yg membelah laut itu ya???

January 22, 2013 at 8:34 PM

@Rohis Facebookiya mas. jalan tol yang di bangun diatas laut..hehehe

January 22, 2013 at 9:23 PM

asik nih ada jalan tol d'laut.. hehehe.. :)

January 22, 2013 at 9:25 PM

Semoga dengan dibangunnya Jalan Tol ini akan berdampak pada kelancaran kegiatan ekonomi disana. :)

January 22, 2013 at 9:25 PM

@Kstiawan ikutan ngibrit dunk.. :D

January 22, 2013 at 9:26 PM

@Kstiawan brarti sama kyak saya,, cuma bs liat dari kalender.. hehehe.. :D

January 22, 2013 at 9:28 PM

@Kstiawan bang Asep sih enak 10 kali bolak balik ke bali masih pengen ke bali lagi.. sdangkan saya belum pernah merasakan sama sekali rasa'nya bali.. paling saya cuma bisa merasakan jeruk bali... hahahaha.. :)

January 22, 2013 at 10:45 PM

@Andy Borneokalau ubi dari saya sudah banyak tersebar dibali, tapi yang punya ubinya belom pernah..norak ngga sih?...:o)

January 22, 2013 at 10:47 PM

@Andy Borneobener ngga sih ada pantai khusus bule pada bugil?...cius nih nanya nya

January 22, 2013 at 10:49 PM

kalau tol jadi..pasti pergerakan ekonomi akan lebih pesat, ubi cilembu ngga akan pernah mengalami keterlambatan lagi...aaaamiiiin

January 22, 2013 at 11:33 PM

@cii yuniaty kopdar di Bali aja KPK, ntar bli nakusan yg siapin akomodasi dan transportasi :p

January 22, 2013 at 11:34 PM

@Cilembu thea ho oh, beneran ya?

January 22, 2013 at 11:34 PM

oktober 2013 ya.. tinggal 9 bulan lagi.. tar lagi ngelahirin deh *ehh

January 22, 2013 at 11:51 PM

teman2 saya mau baca dulu nih,ntar baru komen biar ga oot :D
jangnan komlen loh.....

January 22, 2013 at 11:55 PM

@Reo Adamaku dah baca semua....o ternyata pemuatan jalan tol.
moga lancar dan terlaksana tanpa kendala...aamiin.
bali makin maju....kpn ke bali ya

January 22, 2013 at 11:57 PM

@Reo Adamwaduh parah betul nih aku ngetiknya....ketauan nih sekolahnya sampe kantin doang :D

January 22, 2013 at 11:59 PM

@Kstiawankomenku dibawah kok pada gak keliatan,,,,sapa yg ngamil nih :P

January 23, 2013 at 12:11 AM

@diniehztransportasinya ini yang berat di ongkos. gimana kalau naik perahu karet?

January 23, 2013 at 12:13 AM

@Cilembu theanorak sekali. kalah sama ubi bisa jalan-jalan sampai Bali.

January 23, 2013 at 12:15 AM

@Andy Borneoapalagi liatnya langsung pakai kalender bali. di jamin mumet...

January 23, 2013 at 12:18 AM

@diniehznah ini dia pertanyaan yang saya sukai...hehehe

maksudnya bugil bukan bugil tanpa baju sama sekali. yang dimaksud bugil tuh, cuma pakai BH ama CD yang tipis setipis silet...xixixixi

January 23, 2013 at 12:19 AM

@Kumpulan Desain Grafis | Dofollowpasti asik sob. jadi saya gak usah jau2 dateng ke Suramadu..:D

*yang enak Madu Tiga

January 23, 2013 at 12:20 AM

@Rudy ArraAmiin. semoga aja mas...:D

January 23, 2013 at 12:21 AM

@Cilembu theaAmiin.. boleh juga nih masarin Ubi cilembu.

January 23, 2013 at 12:22 AM

@diniehzberarti sekarang lagi proses ya mbak?

January 23, 2013 at 12:24 AM

@Reo Adamkalau udah baca trus di tulis biar gak lupa. besok di kumpulin ke mejanya darmin, Okeee...

January 23, 2013 at 1:28 AM

Semoga bali bisa tambah maju sob, berbicara tentang bali sudah lama saya tidak pernah berkunjung kesana lagi, sehingga nanti dan mungkin setelah jadi tanjung tol jalan benua bali, bisa dinikmati hehe. oh,ia nanti saya jawab dalam artikel berikutnya yang sobat maksudkan pada kotak komentar blog saya. Terima kasih infonya sob.

January 23, 2013 at 2:58 AM

@Kstiawan
wah ini yang asiiik...

January 23, 2013 at 2:58 AM

@tujuh bungabali ngomah wae tho bu...

January 23, 2013 at 2:58 AM

@Kstiawanngibrit apanya ngipri..?

January 23, 2013 at 2:59 AM

@Kstiawanasal jangan warna ijo...

January 23, 2013 at 3:00 AM

@Asep Haryonotapi pak asep kan cuma hapal satu kuta.
kalah sama did kempot yang hapal sewu kuta...

January 23, 2013 at 3:01 AM

@Kstiawanwah aku juga mau tuh om...

January 23, 2013 at 6:48 AM

@Reo Adamdi ambil satram bang..xixixi

January 23, 2013 at 7:07 AM

izin baca saja. soalnya gak pernah kesana sob.. hehehe

January 23, 2013 at 9:13 AM

@Rawinstetangganya mas..

January 23, 2013 at 9:14 AM

@Rawinskalau ungu gimana?

*warna rondo mas

January 23, 2013 at 9:18 AM

@Rawinsnanti di bagi rata mas..

January 23, 2013 at 9:19 AM

@Rawinskalau sewu kuta bisa seminggu tuju hari tuju malam tanpa minum susu..

January 23, 2013 at 9:22 AM

@Kraeng Franciscodulu di Bali sekedar hiburan apa tinggal disana mas?

iya mas saya tunggu jawabanya..:D

January 23, 2013 at 9:23 AM

@Yahya Doanksilahkan sob kalau mau baca-baca. ya main kesana sob, biar tau..:D

terimakasih ya sob.

January 23, 2013 at 10:11 AM

jadi ke nusa dua nggak pake kapal lagi ya Mas?

January 23, 2013 at 10:12 AM

@tujuh bungangibrit itu apa sih?

January 23, 2013 at 10:28 AM

@Kstiawan

Hieiehie biar murah berenang aja hihieiehiee

January 23, 2013 at 10:31 AM

cita2 yg blum kesampaian nih... ke Bali hehe

semoga tolnya udh jd sy kesana

January 23, 2013 at 10:36 AM

semoga bisa ke Bali sebelum proyeknya jadi, doain ya gan :D

January 23, 2013 at 10:37 AM

ini kemarin yang katanya banyak masalah itu ya mas? katanya sih orang bali banyak yang tidak setuju karena bisa merusak ekosistem yang berada di sekitarnya

January 23, 2013 at 11:18 AM

@zachflazzgak bang. bisa lewat tol atau jalan by pass ngurah rai.

January 23, 2013 at 11:43 AM

@Asep Haryonoide yang bagus tuh kang...:D

January 23, 2013 at 11:50 AM

jadi pengen libiran ke bali lagi sobat.. :)

January 23, 2013 at 11:58 AM

maaf KY tak tahu pembangunan di indonesia...hihih

January 23, 2013 at 1:00 PM

@Kstiawanngipri saya jaga lilin!

January 23, 2013 at 1:00 PM

@Kstiawanide yang lumayan tepatnya

January 23, 2013 at 1:01 PM

@Rawinsbali ngandang

January 23, 2013 at 1:01 PM

@Kstiawansaya kalendernya koq beda ya?

January 23, 2013 at 1:01 PM

@MizTiasiapa?

January 23, 2013 at 1:02 PM

@Kstiawanlagi ngomongin apa ya?

January 23, 2013 at 1:02 PM

@Kstiawankalo didi kempit?

January 23, 2013 at 1:03 PM

@Kstiawantangkaaap

January 23, 2013 at 1:03 PM

@Kstiawankalo pake sayap bisa?

January 23, 2013 at 1:25 PM

Hebat sekali pembangunan di Pulau Bali ni, saya jadi kepeingin ke sana.

January 23, 2013 at 1:55 PM

Ya, dan akhirnya gue cuma jadi pembaca ke eksotisan wisata dan pembangunan di Bali, tapi belum pernah mampir kesana. :D

January 23, 2013 at 2:16 PM

wah di bali sudah mulai di bangun jalan tol ya sob. wihh mantap dech, kayaknya ibukota bakalan kalah nih sama bali....hehehehehe

January 23, 2013 at 5:21 PM

@Kstiawan ikutan donk :D .. .

January 23, 2013 at 5:23 PM

@zachflazz baru denger ada bahasa ini , lumayan nambah kamus gaol.

January 23, 2013 at 5:26 PM

@Ardian Tokotua sama bang.......... toss dulu *plaaaaaaak.

January 23, 2013 at 5:46 PM

semakin mudah untuk ke Bali selepas ini dengan adanya jalan bertol ni. :)

January 23, 2013 at 7:44 PM

@zachflazzjangan sampai mati lilinya bang..

kalau bisa pakai obor aja.

January 23, 2013 at 7:45 PM

@Miz Tiaberenang gaya kupu-kupu..

January 23, 2013 at 7:46 PM

@zachflazzangon bebek

January 23, 2013 at 7:47 PM

@Miz Tiajangan lupa di catat sumbernya..

January 23, 2013 at 7:48 PM

@zachflazzgak ada warna orange ya bang? ungu semua ya..

January 23, 2013 at 7:49 PM

@zachflazzbule jualan panci

January 23, 2013 at 7:50 PM

@zachflazzcukup 4 menit..

January 23, 2013 at 7:50 PM

@zachflazzkaburrr

January 23, 2013 at 7:52 PM

@zachflazzbisa bang. asal pakai sayap kupu-kupu..

January 23, 2013 at 7:52 PM

@Miz Tiaikutan tos donk... *plaaank

January 23, 2013 at 7:53 PM

@Cool Gameiya gan saya doa'in.

January 23, 2013 at 7:55 PM

@deby putra bahrodinsebenarnya tidak merusak ekosistem sih. yang tidak setuju itu yang gak ingin maju. biasa banyak pro kontra...

January 23, 2013 at 7:56 PM

@pondokgueya liburan lagi sana sob. biar tau perubahan bali..hehehe

January 23, 2013 at 7:57 PM

@KYsekarang KY jadi tahu...:D

January 23, 2013 at 7:59 PM

@Lina md. munirkesana aja mbak. bagus-bagus loh pemandanganya.

*promosi dikit

January 23, 2013 at 8:01 PM

@Bang Oisekali-kali mampir kesana Bang, sapa tau dapet pengalaman yang terindah..hehehe

January 23, 2013 at 8:02 PM

@Masnadyiya mas. dan pembangunanya dikerjakan 24jam, biar cepet selsai katanya...:D

January 23, 2013 at 8:03 PM

wow keren banget sobat, sayang ak dulu ksana g lihat. paling favorit di bali ak suka di bedugul, hhe

January 23, 2013 at 8:04 PM

@boni kacakbang Boni perna ke Bali kah?
di malaysia juga bagus-bagus bangunanya ya..

January 23, 2013 at 8:13 PM

@Achsan MassiveBjndi Bedugul cari sayuran apa cari ikan di danau...hehehe

ini jalan baru di bangun sob.

January 23, 2013 at 8:38 PM

@RawinsParrah! :D

January 23, 2013 at 8:39 PM

@KstiawanUdah gak jaman pake lilin, sekarang jamannya pake kompor gas!.

January 23, 2013 at 8:42 PM

@KstiawanBerenang gaya bonggol pisang ajah. asal ngambang!

January 23, 2013 at 8:43 PM

@KstiawanBeebeeeeeeeekk...

January 23, 2013 at 8:44 PM

@KstiawanNgibrit itu kalo lagi dikejar TRANTIB.

January 23, 2013 at 8:44 PM

@Kstiawan#LANGSUNG NYESEK

January 23, 2013 at 8:45 PM

@Kstiawan berenang gaya batu.. :D

January 23, 2013 at 8:45 PM

@zachflazzKodok!

January 23, 2013 at 8:47 PM

@KstiawanPancinya gak pake dus gitu ya?

January 23, 2013 at 8:48 PM

@KstiawanDidi Kempit yang nyanyi Stasiun mana yak?

January 23, 2013 at 8:49 PM

@KstiawanTrantib datang!

January 23, 2013 at 8:50 PM

@KstiawanSatram itu siapanya satpam ya?

January 23, 2013 at 9:57 PM

@Kstiawanwuiidiih...setipis silet y?!
harus menukarkan diri dengan kemasan ubi(maksudnya:ikut masuk keranjang ubi supaya bisa kekirim bersamaan dengan ubi) supaya bisa liat silet bali..hehehe

January 23, 2013 at 10:00 PM

@BlogS of Hariyantonah iya bener..abang kita nih belum lama hanimun di Bali n Lombok ya bang, ko' ngga ada cerita siletnya sehh?..:o)

January 23, 2013 at 10:03 PM

@KY kapan pulangnya sehh?

January 23, 2013 at 10:04 PM

@Kstiawanini yang saya suka...
#dasar tukang ubi, bawaanya dagaaaaang teyus...hehee

January 23, 2013 at 10:29 PM

@Kstiawansaya sering bolak balik ke Jawa tentu lewat bali sob, dan sering mampir sambil menikmati tempat2 wisata bali hehehe....

saya asli flores...

January 23, 2013 at 11:12 PM

@diniehz

ikuuutttt

January 23, 2013 at 11:14 PM

@zachflazz
hahaha, ndeso! ra gaul!

January 23, 2013 at 11:17 PM

duh pada ga ngerti bahasa gaol ya -__-

January 24, 2013 at 12:16 AM

sob maaf,...mungkin ada kesalhan waktu aku backup kode2nya makllum sering ganti template mungkin ada yg ketinggalan,,,ternyata link mu ada di my partner wujud link text sob :D

January 24, 2013 at 1:50 AM

@Wammy Sangak apa-apa sob. terimakasih ya sob.

January 24, 2013 at 2:27 AM

@tujuh bungageyol maksudnya Mbak?

January 24, 2013 at 2:28 AM

@Cilembu theaKY memang ibu pembangunan

January 24, 2013 at 2:29 AM

@Kstiawanbunyi toss itu plak ya? bukannya ngeeng?

January 24, 2013 at 2:31 AM

@Reo Adammas reo iseng banget

January 24, 2013 at 2:33 AM

@Kstiawanaamiin

January 24, 2013 at 2:37 AM

@Cilembu theaayo... ayo... beli.. beli...
yang punya blog sama yang nawarin dapet komisi...

January 24, 2013 at 2:37 AM

@Kstiawanbarengan makai sama cumi-cumi

January 24, 2013 at 2:38 AM

@Cilembu theasimpang siur, nama yang tepat buat area macet.

semoga sukses dengan pembangunannya

January 24, 2013 at 8:13 AM

@diniehzikuuuuut

January 24, 2013 at 8:29 AM

hahaha, jalan tol itu toh, mantep bang, hehehe, ayo ke bali

January 24, 2013 at 1:29 PM

@Kstiawan kang fauzul : sekalian follow blog saya dong

January 24, 2013 at 1:31 PM

@zachflazzbuwahahaaa...jadi inget sama tukang obat...kena deh!!

January 24, 2013 at 1:33 PM

@zachflazzbukan ngeeng kang, tapi..cuurrrr..banjir dah tuh rel kreta, manaan bau pete pula....wuahaaaa

January 26, 2013 at 5:37 AM

Salam sobat, wah, dari bali yah.. kebetulan orangtua saya juga dari bali dan tinggal disana tepatnya kalau gak salah di Nusa Dua (Jl. By Pass) hehe gak tau ada berapa Jl. By Pass di Bali.. tapi saya tinggal di Banyumas .. hehehe

Salam kenal ya sobat .. Oh iya, saya Ijin Follow deh sebagai tanda persahabatan ... Kalau sempat, Follow back yah ... :)

January 26, 2013 at 5:38 AM

Hemmm Kepengin deh ke Bali .. Tapi belum liburan Sekolah :(.

Selamat pagi Sobat ... :)

January 26, 2013 at 10:51 AM

bali is the best.. :)

January 26, 2013 at 4:14 PM

pemandangan di bali memang indah ya..tapi ga pengen kesanalah.. bagiku disini lebih indah..nice post sob..

January 27, 2013 at 6:07 PM

jadi pengen tahu nih bali kayak apa. belum pernah ke sana nih gan.

April 13, 2013 at 11:07 PM

Jadi pengin ke bali lagi

seandainya rampung bali semakin jadi pulau yang semakin cantik ya

New comments are not allowed.